-->

Tuesday, July 31, 2018

ARP RARP DHCP


ARP/RARP/DHCP

 Sebelum masuk ke DHCP ada dasar-dasarnya atau aturannya yaitu :
ARP (Address Resolution Protocol)
RARP (Reverse Address Resolution Protocol)

   Kita kenal Ip Address ada di layer 3 TCP/IP. Pada komponen-komponen TCP/IP ada layer 3,2,1. Layer 3 dikenal Ip Address, layer 2 disebut layer physical atau mac address , setiap device perlu mengetahui make addressnya lawan. Supaya bisa melakukan komunikasi. Maka harus disamakan , harus dibuat cara bagaimana menghubungkan atau disamakan Ip Address dengan mac addres. Dalam artian suatu device dengan Ip Address memiliki mac address. Saat ingin berkomunikasi dengan lawan berarti harus berkomunkasi ke IP(untuk layer 3), untuk layer 2 data link layer,karena layer 2 hanya mengenal physical address atau mac address maka dibutuhkan data mac address device lawan, inilah yang dinamakan dengan protokol ARP.


ARP : mendapatkan alamat fisik(mac address) dari Ip Address,untuk mencari mac address dari Ip 
                   Address dari address lawannya menggunakan ARP.
RARP : untuk mendapatkan Ip Address dari suatu physical yang kita ketahui.

    Ini yang dikenal dengan proses DHCP untuk medapatkan suatu Ip Address yang menggunakan mac address yang kita punya. Dasarnya adalah jika ARP dengan melakukan broadcast dan meminta mac addressdari suatu Ip balasannya adalah mac address. Tetapi jika RARP harus broadcast mac address yang kita punya sehingga device yang kita punya akan diberikan Ip Address. Sehingga Ip tersebut akan berfungsi menjadi Ip address device kita. 

  ARP dan RARP adalah protokol aturannya, untuk itu diperlukan server yang disebut dengan DHCP atau yang disebut DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Server ini digunakan untuk mendapatkan Ip Address atau memberikan Ip Address sesuai dengan mac address masing-masing. Device yang terkoneksi atau terhubung ke DHCP tersebut. Saat petama kali device terkoneksi maka device akan meminta konfiguration dari server. Setelah itu, server akan melakukan send ke client. Kemudian client memberikan aturan-aturannya dan DHCP menyimpan data-datanya kedalam server yang disimpan adalah data di Ip Address dan Mc Address dari device tersebut. Sehingga nantinya device lain yang berhubungan dengan device kita. Jadi proses DHCP melalui:
Discovery
Request
Response
Release





No comments:

Post a Comment