-->

Tuesday, July 31, 2018

TRANSPORT LAYER


TRANSPORT LAYER
  A.Pengertian
   Transport layer adalah dari model referensi jaringan OSI. Lapisan transport bertanggung jawab untuk menyediakan layanan-layanan yang dapat diandalkan kepada protokol-protokol yang terletak diatasnya.

 B.Tugas lapisan transport layer
a) Packetizing : untuk membuat paket-paket yang lebih kecil dari suatu data.
b) Connection control : untuk mengkontrol device-device yang sedang berkoneksi diluar dari layer 1,2
                                    dan 3.
c) Addressing : didalam address ada yang dinamakan socket address.
d) Providing reliability : untuk memastikan koneksi harus terhubung menggunakan protokol atau aturan yang ada.

  Didalam transport layer yang dikenal dengan nama address adalah aplication addressing atau socket address merupakan gabungan antara Ip Address dan port number. Port number merupakan nomor-nomor yang sesuai dengan jenis-jenis aplikasi yang ada. Contohnya browser http.

C.Port Number
Nomor port yang terkenal (didevinisikan oleh IANA 0-1023)
Port terdaftar (1024-49152)
Port pribadi/Ephemeral (49152-65535)
Port number sesuai dengan aplikasi,kalau ada pengiriman menggunakan port number 80 artinya otomatis aplikasi akan tau 80 adalah aplikasi browser http. Otomatis receiver juga tau yang bekerja adalah server dari browser dan akan tau jika browser yang mengirim data html. Oleh karena itu setiap Ip Address,tiap device yang memiliki Ip Address untuk bisa menjalankan suatu aplikasi harus memiliki port number tertentu. Contohnya seperti gambar dibawah ini :

Jadi transport layer pasti mempunyai protokol. Protokol transport layer ada 2 jenis :
1. TCP (Transmission Control Protocol) : TCP bersifat Connection Oriented artinya saat komunikasi antara 2 device terjadi koneksi ini tidak boleh terputus,jika terputus kita harus mengulangnya lagi. Jadi, harus dibangun lagi connection dari awal.
2. UDP (User Datagram Protocol) : UDP bersifat connectionless yang hanya bisa broadcast data tersebut tanpa menunggu balasan dari sisi client. Contoh aplikasi UDP adalah video streaming,audio streaming itu adalah menggunakan protocol UDP supaya cepat. Gambar dibawah ini adalah menggambarkan koneksi layer 2,3 dan 4.


Layer 2 dikenal dengan nama node-to-node. Jadi dari device-router-router dan seterunya itu adalah node-to-node. Sedangkan layer 3 dari Pc ke Pc yang dikenal sebagai Post-to-post berarti komunikasinya adalah Ip Address-Ip Address lawan. Dn yang terakhir adalah Process-To-Process. Inilah yang terjadi di transport layer untuk komunikasi antar socket address-socket address lawan. Karena port number merupakan suatu akses ke aplikasi yang disebut process-to-process. TCP disebut bersifat realible yang dikenal dengan nama riway and shake. 
Jadi transport layer ini ada yang disebut dengan socket address. Socket address menggambarkan aplikasi yang bekerja dalam device tersebut dan port number yang bersesuaian dengan aplikasi yang didevice tersebut .
Cara pengiriman data ada 2 cara :
TCP : lebih pasti, tetapi lambat
UDP : cepat, kemungkinan ada beberapa kesalahan tetapi tidak fatal.




1 comment: