-->

Tuesday, July 31, 2018

SECURITY


SECURITY
A.Pengertian
Security adalah suatu informasi atau infrastruktur yang bisa diakses secara baik bukan dalam hal pencurian dan bila terjadi eror bisa tetap tolerable. Artinya adalah biarpun kita memastikan tidak ada virus di PC kita dari sisi security intinya adalah tolerable atau low. Jadi kalau terkena virus, virus tersebut bisa di antisipasi.
B.Komponen Dari Security


1.Confidentiality adalah informasi yang kita miliki pada sistem/database kita, adalah hal yang rahasia dan pengguna atau orang yang tidak berkepentingan tidak dapat melihat/mengaksesnya.
2.Integrity adalah data tidak dirubah dari aslinya oleh orang yang tidak berhak,sehingga konsistensi,akurasi,dan vadilitas data tersebut masih terjaga.
3.Availability adalah memastikan sumber daya yang ada siap di akses kapan pun oleh user/application/sistem yang membutuhkannya.
Ketiga komponen tersebut harus saling berbagi. Contohnya confidentiality jika kita mau data kita aman jika aman berarti semua orang tidak boleh lihat,berarti dari sisi availability tidak ada. Supaya orang lain bisa lihat kita buka pakai server data tersebut boleh berubah,tetapi harus terintegrasi berarti datanya yang merubah adalah yang bersangkutan.
C.Ancaman-ancaman dari sisi security
Bisa terjadi karena :
1.Flow indesign
2.Sisi Implementasi
3.Sisi Infrastructure
Efek dari security adalah ada data yang keluar.
D.Cara menaggulangi ancaman dari sisi security
1.Information Protection
Data kita acak supaya biarpun orang lain bisa akses tetapi tidak bisa melihat secara valid/detail.
2.Software Controls
Contoh dari software controls adalah firewall,antivirus dst.
3.Hardware Controls
Contoh menggunakan finger scan ketika mau akses
4.Aturan(Protokol)
5.Physical Control
Dari kelima cara ini harus sama-sama dijalankan agar data aman.

No comments:

Post a Comment