-->

Tuesday, July 31, 2018

DNS (Domain Name System)


DNS (Domain Name System)

A.Pengertian
   DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) didalam jaringan komputer. Misalnya internet, didalam DNS aturannya adalah top level domain (com,net,org,edu). DNS sudah menyiapkan domain-domain atau urutan domain dengan jumlah titik 128. 
B.Cara kerja DNS
Dalam DNS memiliki komponen-komponen 3 jenis :
DNS data yang merupakan data-data yang berisi nama domain dan IP terhadap nama domain dan IP terhadap nama domain tersebut.
Server secara fisik harus ada server yang terkoneksi jaringan dan memiliki IP Address
Protocol/aturan. Protokol digunakan supaya semua data-data dalam DNS bisa di akses oleh semua device. Aturan yang terpenting adalah tidak ada satu device hanya ada DNS saja diseluruh dunia.

DNS Server terbagi-bagi dimasing-masing perusahaan atau ISP dikenal dengan nama distributed database. Apabila atu server mati jadi masih bisa ke server yang lain.

C.Proses 
Untuk mengetahui Ip Client harus bertanya dahulu ke DNS server. Jika DNS server tidak mengetahui maka DNS akan mengecek dari DNS Server yang berikutnya. Masing-masing akan mengirimkan informasi Ip Address masing-masing.
1.DNS (“ “) atau root
2. Com
3.Microsoft.com
4.Example Microsoft.com
Saat ingin mengakses example microsoft.com jika sudah pernah akses kita sudah tau Ip Addressnya. Maka device atau PC yang berikutnya dalam satu jaringan, saat salah berkoneksi ke example microsoft.com hanya tinggal bertanya ke DNS. Karena DNS sudah memiliki informasi Ip Address.






No comments:

Post a Comment