-->

Monday, July 16, 2018

Pengenalan sistem komunikasi


PENGENALAN SISTEM KOMUNIKASI

A.KOMUNIKASI
 
   Komunikasi adalah Bidang Study yang berkaitan dengan transmisi dari informasi melalui berbagai macam media , tapi juga dapat di definisikan sebagai teknologi yang digunakan untuk mengirimkan berita/isi dari data misalnya suara,video,atau text dari satu titik menuju ke titik yang lain. Informasi telekomunikasi ini adalah penyaluran dari informasi untuk melewati jarak yang sangat jauh. Dalam komunikasi dapat kemungkinan adanya draw atau noice yang mengganggu komunikasi tersebut sehingga dapat terjadi bahwa data atau berita yang dikirimkan itu tidak bisa di mengerti dengan baik.

   Di dalam  system komunikasi data/PC mempunyai beberapa komponen-komponen yang pertama adalah sumber dari signal informasi,kemudian sumber informasi tersebut harus diubah menjadi besaran listrik conversion of signal . Setelah diubah menjadi besaran listrik baru kemudian bisa mentrasmisikan atau mengirimkan melalui media yang adang-kadang kita sebut channel communication atau sambungan saluran data tersebut akan diterima oleh suatu penerima (receiver).
Adapun komponen-komponen dasar yaitu:
1. Signal Source(sumber signal)
2. Converter(mengubah bentuk asal menjadi bentuk listrik)
3. Transmitter(pemancar)
 4. Link or Media(tautan atau media)
 5. Network(jaringan)
 6. Signaling(besaran listrik yang dimengerti oleh receiver)
 7. Receiver(penerima)
 8. User(pengguna)


B.SISTEM KOMUNIKASI





    Sistem Komunikasi adalah sumber data, sumber informasi, kemudian converter yang mengubah informasi dari bentuk asalnya menjadi bentuk listrik . Sumber informasi ini berubah-ubah untuk itu  diperlukan siste yang disebut tranduser , Tranduser adalah suatu system yang mengubah bentuk asal dari informasi tersebut menjadi besaran listrik. Contohnya : kalau audio kita mengenal yang disebut microphone yang mengubah suara menjadi besaran listrik, camera mengubah gambar menjadi besaran listrik, kemudian mengirimkan data menggunakan flashdisk. Jika signalnya tidak sesuai dia akan di transmisikan melalui pemancar(transmitter) . Supaya bisa mencapai tujuannya terdapat komponen yang dinamakan signaling suatu aturan-aturan atau besaran-besaran listrik yang dimengerti oleh receiver apa yang harus dilakukannya,kemudian receiver akan mengirimkannya pada user informasi pada pengguna tersebut. Secara teknis kita mengenal modulator dan amplifier.
1. Modulator yaitu mengubah signal besaranlistrik tersebut sedemikianrupa sehigga bisa mencapai jarak jauh melalui channel yang kita pilih.
2. Amplifier yaitu berguna untuk mengubah signal yang terlalu kecil menjadi besar. Kebutuhan tinggi dari informasi menggunaka serat optik.

C. LAYANAN KOMUNIKASI
Ada beberapa layanan komunikasi :
1.Voice Communication(pertukaran suara)
2.Message Comunication(pertukaran pesan)


D. TEKNIK KOMUNIKASI





Ada 2 macam teknik komunikasi :
1.Analog(bentuk asal informasi tersebut)
Dikirimkan melalui kabel atau secara nierkabel wireless maupun sambungan dari keduanya.
2.Digital
Bentuk asal dari informasi diubah menjadi bentuk-bentuk digital(teknik sampling)




No comments:

Post a Comment