-->

Tuesday, July 31, 2018

ROUTING


ROUTING
  Pada Ip Address kita kenal bagaimana alamat yang ada pada setiap device ,pada subnetting kita kenal bagaimana membagi Ip-Ip tersebut menjadi kelompok yang lebih kecil. Pada saat subnetting bila device-device berada dalam kelompok yang berbeda maka network tidak akan saling berkomunikasi, untuk saling   berkomunikasi maka diperlukan routing. Routing itu untuk menentukan data dari pengirim ke penerima harus melalui jalur mana saja.
   Secara umum routing adalah poses menentukan bagaimana sender memilih jalan data dari sender bisa dikirim sampai receiver atau penerima melalui jalur-jalur yang ada, bisa melalui jalur yang sama atau bisa melalui jalur yang berbeda.      Alat yang digunakan disebut router. Kemudian device-device yang terhubungdengan router seperti PC,Laptop,dsb. Dikenal dengan nama End System,router juga disebut dengan Intermedia System. Router pada saat pemilihan jalur dari satu titik ke titik yang lain ada kriterianya umumnya adalah menggunakan minimum hoop. Hoop adalah router-router yang dilewati. Misalkan dari satu domain A ke domain B melewati tiga router bisa juga melalui delay. Degan cara mencari delay yang terkecil suapaya data lebih cepat sampai.  Router secara device memiliki beberapa model yaitu :
Central as routing  : satu router dignakan untuk mengatur seluruh device didalam satu jaringan atau mengatur perpindahan dari suatu jaringan network atau ke network yang lain hanya menggunkan satu device atau satu router.
Dicentral as routing : routing ini memiliki flexibel pemilihan bisa sebagai static routing maupun dynamic routing. Static routing kita kenal sebagai fix (pasti) . Fix routing ini dari satu titik ke titik lain hanya melalui titik jalur yang sama. Ada juga yang disebut Flooding yang berfungsi untuk mengirimkan semua data kesemua router yang terhubung. Ada juga Random yaitu dengan strategi random router bebas memilih jalur-jalur tertentu tidak seperti Fix yang pasti saja, tetapi yang dipilih hanya satu jalur dari sekian banyak jalur yang ada. Dan ada juga yang baru yaitu adaptif . Adaptif dalam sisi router dengan menambah aplikasi-aplikasi yaitu :
Jumlah delay
Jumlah Hoop
Jumlah Speed
 Ketiga aplikasi tersebut digunakan supaya membuat komunikasi antara pengirim ke penerima menjadi cukup cepat dan pasti sampai dengan biaya yang cukup murah .
 Jadi router ini sangat penting didunia internet karena router yang menghubungkan jaringan-jaringan , tanpa router satu jaringan didalam perusahaan, maka suatu jaringan tidak dapat berkomunikasi dengan yang lain.

No comments:

Post a Comment