-->

Tuesday, July 17, 2018

PENGERTIAN INTRANET, ETHERNET , dan INTERNETWORKING


I.Intranet
A.Pengertian
 
 Intranet pada umumnya adalah digunakan pada perusahaan privat(tertutup) yang dihubungkan menggunakan protocol-protokol TCP/IP dan biasanya banyak digunakan dalam lingkaran organisasi atau perusahaan. Intranet dgunakan pada perusahaan menyambungkan beberapa Local Area Network. Bisa dibilang intranet ini adalah suatu jaringan internet versi pribadi dan dengan skala terbatas . Intranet merupakan pengembangan dari Local Area Network. Intranet cakupannya terbatas,bisa juga terdiri dari sejumlah LAN yang umumnya disambungkan pada WAN(Wide Area Network). Sebelum intranet mudah dijangkau ,maka WAN dikelola oleh perusahaan itu sendiri. LAN sendiri adalah data link yang tinggi dan WAN biasanya akan lebih lambat. Namu adanya serat optic dan banyak oprator yang menawarkan kecepatan yang sama dengan LAN. Untuk LAN media yang tersedia adalah UTP, UTP bisa melayani sampai 100Mbps. Pusat penyambungannya bisa dinamakan switch hampir semua Local Area Network biasanya menggunakan protocol yang bernama internet.

B.Standart IEEE(Institute of Electrical and Electronic Engineers) untuk LAN


Keterangan :

802.2 : Logical Link Control (LLC)
802.3 : CSMA/CD (Standart untuk Ethernet Coaxial atau UTP)
802.4 : Token BUS
802.5 :Token Ring (bisa menggunakan kabel STP)
802.6 : Distributed Queue Dual Bus(DQDB) MAN
802.11 : Wireless LAN (WI-FI)

II.Ethernet
   
    Ethernet sendiri sebenarnya suatu protocol atau aturan bagaimana computer berkomunikasi dalam Local Area Network. Local Area Network mempunyai beberapa macam protocol atau standart yang satu dengan yang lain. Namun, dengan berkembangnya  waktu ,ethernet merupakan standart atau ketentuan baku yang dipakai oleh semua karena kemudahan realibitas dan khususnya kemudahannya jika internet cara penyambungannya satu dengan yang lain tidak rumit, keandalannya tinggi. Oleh karena itu internet merupakan protocol yang banyak dipilih oleh LAN karena mempunyai keandalan yang bertingkat tinggi. Ethernet  biasanya digunakan untuk UTP. Kemudian dengan perkembangan lebih lanjut , ethertnet didesain untuk dapat melayani Fiber Optik. Perangkat yang digunakan untuk menyambung ke Ethernet memerlukan Network Interface Card(NIC) yang menyambungkan computer ke jaringan. Pada NIC juga terdapat make address untuk mengidentifikasikan perangkat ini sendiri. Terdapat juga media access control fungsinya adalah transmit dan received data melakukan recording . Kemudian akan ada pemberitahuan dan kesalahan data jika ada error atau tidak. Kemudan melakukan perakitan informasi menjadi frame. Kemudian untuk menerima frame harus memeriksa terlebih addressnya apakah address tersebut betul atau tidak. Selanjutnya diberikan kepada LLC yang akan melanjutkan ke network. Untuk memperoleh kecepatan yang lebih tinggi kita menggunakan kecepatan 1 gigabytspersecond.
      
    Berikut merupakan ketentuan standart secara umum yang sesuai untuk Ethernet. Yang kita kenal 100megabyts itu yang paling banyak kita gunakan atau merupakan standart. Tipe-tipe Ethernet yang biasanya digunakan ada dua :
a) 100megabyts (standart)
b) 1 gigabytspersecond (untuk kecepatan).


III.Internetworking
  A.Pengertian
    Internetworking adalah praktek menghubungkan jaringan computer dengan jaringan lain melalui penggunaan gateway yang menyediakan metode umum dari routing informasi paket antara jaringan. 
   Sistem yang dihasilkan dari jaringan interkoneksi disebut juga internetworking. Pada internetworking kita mengenal Endsistem,yang berarti data informasi berasal dari jaringan tersebut untuk dikirimkan menuju ke jaringan yang lain. Endsistem adalah jaringan atau perangkat yang menerima informasi. Kemudian ada namanya intermediasistem yang merupakan penyambung. Jadi informasi tidak berakhir pada intermediasistem itu. Perangkat atau system yang umum digunakan untuk menyambungkan Local Area 

Network adalah sebagai berikut :
1.Switch
2.Router : yang dikerjakan router adalah melakukan routing, routing adalah proses menentukan jalur mana yang harus diambil dari sender ke receiver.
  Pengiriman data dari computer satu ke computer lain menggunakan cara store and forward karena jika ada jalur yang sibuk maka disimpan untuk sementara dan seandainya ada jalur yang bebas maka akan dikirimkan.
   
B.Macam-macam Routing 
Ada dua macam routing :
a.sentral as routing : Ada satu router pengendali yang menentukan kemana dikirimkan.
b.Disentral as routing : ada dua macam disentral asrouting yaitu :
   1.Static Routing yang berarti kita sudah menetapkan. Static routing tidak   
     flexible,kalau tidak flexible paket yang dikirimkan akan drop.
   2.Dynamic Routing maka otomatis akan mencari secara cepat.


C.Strategi Routing
Ada empat macam strategi routing :
Fix atau static routing
Flooding : Apabila suatu router baru dipasang maka dia harus beritahukan kepada rekan-rekannya bahwa dia sekarang hadir untuk berperan untuk itu dia melakukan broadcast untuk mengirimkan informasi menuju kerekan-rekannya kemudian dari informasi yang diterima baliknya dia akan membentuk table routing.
Random Routing : Pemilihan terhadap jalur keluaran yang bersfat acak.
Adaptive Routing : Meningkatkan kinerja seperti yang diinginkan user dan dapat membantu kendali lalu lintas.
    Router sendiri bisa melakukan loadbalancing dan layer switch ada 3 switch adlah suatu router yang mempunyai beberapa macam kemampuan . Misalnya switch yang berdasarkan paket per paket atau flowbase switch melihat aliran dari paket kemudian akan menentukan supaya jalur yang sama bisa dijalankan apabila kualitas kurang cukup baik.





No comments:

Post a Comment