-->

Tuesday, July 31, 2018

WIRELESS LAN


WIRELESS LAN

A. Pengertian  Wireless
     Wireless merupakan pengembangan dari koneksi menggunakan kabel, yang saat ini menggunakan media gelombang elektromagnetik. Protokol yang digunakan adalah IEEE 802 point 11 yang merupakan teknologi yang berkembang cepat dan speed nya hampir menyamai koneksi kabel. Dan memeliki kelebihan praktis tanpa perlu menarik-narik kabel.

B.Spesifikasi wireless

 Terbagi menjadi beberapa tipe yaitu 802 point 11b+, 802 point 11b, 802 point 11g dan 802 point 11a. Dan masing-masing mempunyai kategori tertentu yaitu Data Transfer Rate, Frequency dan Compatibily. Compatibily ini bisa terjadi kalau menggunakan frekuensi yang sama, contoh pada tipe 802 point 11b+ compatible dengan tipe 802 poin 11b, tipe 802 point 11b compatible dengan tipe 802 point 11g karena memiliki frekuensi yang sama yaitu 2.4 GHz, sehingga mereka bisa saling tukar device namun nanti akan mengikuti data transfer rate yang paling rendah. Sedangkan tipe 802 point 11a frekuensinya berbeda sendiri sehingga protokol 802 point 11a hanya bisa menggunakan device yang memiliki protokol yang sama.

C.Type Penyambungan Wireless
1.Basic Server Set(BSS)
yaitu bisa connect antara laptop satu dengan yang lain menggunakan wireless dari laptop.
2.Access Point(AP)

yang kita kenal dengan Wireless router, masing-masing wireless router tersebut. Tapi masih belum bisa akses internet. Akan bisa akses jika wireless router tersebut terhubung dengan router lain yang digunakan untuk menkoneksi ke dunia internet. 
3. Extended Service Sets (ESSs)

   yaitu kita bisa buat semua wireless-wireless tersebut  device yang terhubung dengan WiFi untuk bisa akses internet dengan cara wireless router yang terkoneksi dengan internet.

D. Komponen Wireless

1. Client yang mempunyai protokol yang sama 
2. Antena yang membantu menguatkan sinyal dan kalau bisa menggunakan antena eksternal yang bisa menjangkau jarak yang jauh.
3. Access Point atau yang dikenal dengan router. Access Point memiliki beberapa tipe yaitu Enterprise Access Point yang bisa connect dengan internet, Residential Gateway/perangkat yang memungkinkan jaringan Local Area Network (LAN) untuk terhung ke jaringan yang luas, Access Server dan juga outdoor.

  Didalam Wireless ada yang bagian yang penting yaitu Security Issue. Oleh karena itu Security Issue berhubungan dengan Access Control dan kalau mau masuk Wireless harus memiliki Username atau Password. Atau bisa dengan beberapa cara yaitu dengan mendaftar MAC Address / Physical Address didalam Wireless Router sehingga MAC Address tertentu saja yang bisa terkoneksi dengan WiFi tersebut. Dan menjadi tidak efisien jika penggunanya banyak. Yang lebih efisien adalah jika menggunakan data privacy / WEP (Wired Equivalent Privacy) yang kita kenal kalau mau connect ke Wireless router kita masukkan password. Password itulah yang digunakan untuk encryption antara device kita dengan router. 










No comments:

Post a Comment